perpustakaan dan kantor kecamatan

emang betul juga ya kata pak wakil presiden kita beberapa saat yang lalu di perpusnas. bahwa perpustakaan tak lain dari kantor kecamatan. dia hanya buka pada jam kerja saja. bahkan sabtu minggu aja libur. gimana akan rame pengunjung, sedangkan waktu luang masyarakat justru pada hari sabtu minggu.

perlu dirumuskan dengan baik tentang ini. setidaknya bagaimana menjadikan perpustakaan yang stand by. setidaknya dapat melayani masyarakat di tengah waktu luang mereka. bukan hanya sekadar jam kerja aje. tapi apa ya?

yang pertama mungkin MODAL!ya modal untuk menggaji tambahan staf. karena tanpa itu sangat mustahil. kedua, buat perpustakaan yang membetahkan. tidak hanya untuk users, tapi juga stafnya. diantaranya harus ada kopi setiap saat, ruang ga lembab dan panas, fasilitas lengkap dengan peralatan audio-video visualnya, interior perpus yang ga mbosenin, dan tentunya ada “uang kesehatan” untuk menjaga kebugaran tubuh gitu. bisa fitness, pijat refleksi, spa, dll. semunya pokoknya agar para staf perpus punya semangat dan kinerja yang ok.

ketiga, tentunya adalah komitmen untuk terus menjalankan dan mempertahankannya. karena seperti biasa, sebuah program atau pekerjaan baru biasanya ga bisa tahan lama. karena itu harus punya visi ke depan untuk terus membuka nonstop service yang ok disertai dengan evaluasi dan “ide-ide gila” untuk menyempurnakananya. tentunya dengan tetap memperhatikan kepuasan pelanggannya.

dan dari sini, marilah kita bergerak agar pak camat juga tidak malu jika harus disamakan dengan perpustakaan yang selalu diselimuti dengan debu dan kutu. hiiiih…




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: