perpustakaan alam

suatu hari dalam benakku mengkhayal. mungkinkah sebuah perpustakaan diset di alam terbuka atau ruang terbuka? dengan pemandangan yang hijau, ada percikan air, suara kicau burung dan hembusan angin segar pasti membuat enjoy pelanggannya. tetapi mungkinkah?
setidaknya dibutuhkan konsep yang matang dan apik untuk perpustakaan yang demikian. investasi yang besar dibutuhkan untuk mewujudkan perpustakaan yang tidak lumrah di zaman sekarang. selain juga dibutuhkan area yang luas. terutama di daerah perkotaan. lha wong eksistensinya aja masih terpinggirkan kok mau menciptakan perpustakaan alam di tengah kota. apalagi butuh lahan yang besar. mana mungkin?
tetapi kalo didirikan di desa, apakah juga mungkin dapat berkembang? huuuh…kenapa kalo kita punya ide-ide kreatif selalu ada saja penghalang ya? yang ini lah yang itu lah. pokoknya selalu aja aral melintang untuk merealisasikan ide kita.
perpustakaan alam menjadi alternatif pembelajaran (luar ruang) di saat dunia semakin panas dengan pemanasan globalnya. semoga benar-benar akan terwujud. apakah itu di kota atau desa. mari kita semua mulai membuat konsep tentang perpustakaan alam. ayo!


  1. parsimurgh

    ayo. terus berjuang. jangan patah seumanggat. wah saya baru bisa memberi semangat aja nih. saya juga punya cita-cita buka, semacam taman bacaan yang bis digunakan semua kalangan dan … gratis. dulu pernah buka. tapi ternyata saya harus kaya dulu untuk bisa menggartiskannya.

  2. salam kenala izin kopas tulisan di atas utk pustakawan2020.

    Thanks

    tetap semangat ya

  3. konsep yang keren…. ayo berjuang pustakawan Indonesia….

  4. anis

    aq ini seorang mahasiswa juga punya ide sepertimu, tapi baru ngajukan konsep n tema udah di remehin dosen, bilangnya tema itu kan adaa karena adanya suatu masalah, kalau temamu itu sich kamunya yang mencari cari masalah agar dapat di terapin tema itu. sebeeeel banget. n di bilang juga “itu sangat tidak menarik” sampai du suruh ganti tema saja. padahal itu menurutku tema yang menarik. jadi kupertahankan saja konsepku itu.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: