pustakawan guru ato guru pustakawan?

samakah dua profesi di atas? menurutku nich, kalo pustakawan guru adalah pustakawan yang mampu menjadi seorang guru. dalam arti dia mampu mengajar, melatih dan mendidik anak didiknya.

terus kalo guru pustakawan, ya yang selama ini terjadi di dunia pendidikan. guru pustakawan lebih kepada guru yang diberi tugas sampingan “mengurus” perpustakaan. itu saja. tidak lebih.

kalo keduanya berbeda, lantas apakah yang perlu diperhatikan untuk menjadikan pustakawan guru ato guru pustakawan bisa mengerjakan tugasnya dengan benar dan asik? hayo…siapa yang dapat menjawabnya?

apakah selamanya pustakawan tidak akan “mendapat tempat” di sekolah? ato apakah selamanya guru akan berprofesi ganda sebagai pustakawan? ayo kita hapus itu semua. dengan usaha untuk menjadikan pustakawan sebagai sebenar-benarnya pustakawan dan guru sebagai sebener-benarnya guru.

adakah yang mempunyai ide-ide menarik?


  1. nh Soemirat

    Guru pustakawan (teacher librarian) dalam konsep barat itu sebenarnya ada dan berbeda dengan tugas guru maupun pustakawan. kalo dibarat guru pustakawan itu adalah guru yang dibekali khusus pengetahuan tentang dunia kepustakawanan dan tugasnya sebagai penghubung antara perpustakaan dengan para siswa dan para guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Sehingga guru pustakawan menjadi tulang punggung pemberdayaan perpustakaan menuju jantungnya pendidikan (pusat pemberlajaran). Singkatnya menjadi semacam PR nya perpustakaan lah.
    nah hanya saja di Indonesia istilah itu belum populer dan belum dipahami oleh banyak orang. salah satu sebabnya karena ya minimnya perhatian kita terhadap perpustakaan sekolah dan juga pustakawan. masih banyak sekolah yang tidak punya perpustakaan dan kalopun ada pengelolanya adalah para guru sehingga ya tadi itu ya jadi guru tapi juga disuruh jadi pustakawan. Hanya sebagian kecil sekolah yang sudah memiliki perpustakaan lengkap dengan tenaga pustakawan (lulusan D3 ilmu perpustakaan)
    So.. konsep guru pustakawan (teacher librarian) dinegeri ini masih jauh dari harapan sebab syarat adanya guru pustakawan jika perpustakaannya sudah bagus dan ada pustakawannya. baru nanti butuh yang namanya guru pustakawan.
    Kalo sekarang ya.. para guru yang juga dibebani jadi pustakawan ya bersabarlah dan mari kita perjuangkan program “one school one library and one librarian”
    Jayalah.. perpustakaan sekolah…

  2. Basri

    Betul kata Pak Sumirat, mungkin itulah salah satu sebab mengapa pendidikan di negeri ini sulilt maju, karena sulit bahkan tak mampu mengejar apa-apa yang terjadi di barat khususnya pemahaman fungsi perpustakaan terutama perpustakaan sekolah, sebab disitulah terdapat apa yang disebut Guru Pustakawan.
    Menurut informasi, seorang teacher librarian disamping menguasai ilmu perpustakaan juga harus menguasai ilmu pedagogy. Maklum saja gaji mereka lebih tinggi dibanding guru US$ 34.000,- s/d 45.000,- per tahun untuk fresh graduate.
    Gimana tertarik menjadi teacher librarian ?




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: