pustakawan sejati

apakah definisi pustakawan sejati? apakah pustakawan yang setiap hari melulu ngurusin buku? apakah pustakawan yang setiap saat menyusun koleksi di rak? atau pustakawan yang mengisi hari-harinya nongkrong di perpustakaan.

mungkin benar adanya beberapa pernyataan tersebut. tapi yang lebih penting bahwa pustakawan sejati adalah dia yang sangat mencitai profesinya dan bisa menunjukkan kebanggaannya terhadap profesinya. kalo dia dalam menjalankan keprofesiannya tidak timbul rasa bangga bagaimana dia akan disebut pustakawan sejati?

mau shelfing aja malu dilihat orang, ditanya tentang pekerjaannya aja malah terkesan menyembunyikan atau malah kali aja ga mau ngaku bahwa : ini lhoh saya, seorang pustakawan. apa ga lucu kalo begini?

seseorang menjadi pustakawan sejati bila hatinya “berbicara” lantas perilaku untuk membuktikannya. dan outputnya tentunya rasa bangga dan cinta. jadi apakah Anda yang mengaku bekerja di perpustakaan atau mengaku pustakawan sudah demikian adanya? kalo belum, ya tanya kenapa!


  1. rul

    yo…ii, aku punya teman tapi bukan ttm lho…….., orangnya culun n rada2 agak polos, ia termasuk salah satu anggota PPSI di LPMP Kalbar, waktu pertama kali ia datang ke Pontianak lucu sekali…….ia hanya clingak clinguk kayak orang bingung gitu dech…!!!..nada bicaranya sangat-sangat halus, ba’ sutra membuat perasaan geli jika mendengarnya, saking cintanya ia sebagai PNS untuk membuktikan bahwa ia adalah pegawai berdedikasi dan mencitai profesinya sebagai pustakawan, ia tidak pernah melepaskan lambang PNS yang tersemat di dadanya yang bidang kayak lapangan bola (GR nih….ye…..), Setiap hari ia menggunakan sepeda motornya menyebrangi sungai Kapuas menuju ke kantor tercinta, tidak peduli pada hari libur atau pun hari kerja biasa,ia tetap saja ke kantor, maklum anak kost, untuk mencuci bajunya yang menumpuk kayak gunung (makanya cari bojo…………biar ada yang cuciin bajunya, ato kalo perlu tak cariin dech….), Tapi satu hal yang disembunyikan oleh dirinya adalah ia tidak pernah mau cerita tentang pacar-pacar selebritisnya ya……. seperti inul, n trio macan (gila nich ………..) ia sendiri mengaku seneng dengan cewek yang rada-rada gimana gitu…………..??? kayak Gus Pur aja ……………..ya udahan dulu yach……nanti disambung lagi tangan ku udah capek nih………. Good luck!!!!

  2. nengreta

    Memang sih kadang ada beberapa orang yang malu tentang apa pekerjaannya, apalagi menyebutkan sebagai tukang noto buku (jawa).
    Yang pekerjaaannya serabutan, terutama untuk Pustakawan / Pengelola Perpustakaan yang bekerja di lingkungan sekolah. Dari mulai nyapu, shelving, Pelayanan, nagih denda, administrasi dsb semuanya sendiri.
    Dari kepala Perpustakaan kalau ditanya “saya sendiri”
    Bagian Teknis “Saya Sendiri”
    Bagian Pelayanan “saya sendiri”
    Cleaning Service “saya sendiri”

    Apa tidak hebat………………..
    Bagaimana bisa maksimal dalam pekerjaannya, bila perpustakaan dijadikan sebagai nomor sekian …
    Dengan honor kurang lebih Rp. 300.000,- per bulan untuk kebanyakan pengelola perpustakaan di daerah kami.
    Perhatian dari pemerintah sangat kurang, formasi pustakawan sangat jarang.
    Tuntutan akan pekerjaan yang tiada henti

    Retno Primawati
    Pengelola Perpustakaan
    SMA Negeri 2 Temanggung
    retnorima@yahoo.co.id

  3. Very interesting blog. Are you attempting to play with my sure wavelength I have a nice joke for you) What do you need to split an atom? A fission License.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: